TIPS MERAWAT AC ( Air Conditioner )





Kali ini kita akan membahas sekilas tentang perawatan untuk AC (air conditioner) atau pendingin ruang sekarang sudah menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian, apalagi di daerah tropis seperti daerah kita Indonesia. Bukan hal aneh jika dalam satu rumah AC dinyalakan sepanjang hari untuk menambah kesejukan ruang.

Namun seperti produk-produk lain pada umumnya, semakin lama penggunaanya maka nilai keawetannya pun akan terus menurun yang berakhir akan rusak.

Biasanya, mulai mengalami kendala setelah lama pemakaian sekitar 2-3 tahun. Sebenarnya, jika Anda mampu merawat dan menggunakannya dengan benar, sebuah AC dapat bertahan hingga 8 tahun lebih. Ikuti beberapa tips perawatan AC berikut untuk bikin AC rumah Anda awet.

Gunakan Timer
Mamfatkan fitur timer saat menyalakan AC sehingga akan mati secara otomatis tepat pada waktunya. Setel waktu sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya AC dinyalakan maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian. Setelah itu biarkan mesin dingin kembali. Fitur timer juga menjaga kinerja mesin AC tidak cepat rusak.

Sebaiknya jangan sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Ini akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia

Bersihkan Filter AC
Bersihkan filter AC secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Jika sudah terlampau kotor Anda dapat mengganti filter baru.

Debu yang menumpuk pada filter akan menghambat sirkulasi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Akibatnya AC akan cepat rusak.

Bersihkan Kumparan AC
Selain filter, kumparan AC juga perlu diperhatikan kebersihannya sebab debu juga kerap menumpuk pada bagian ini.

Debu yang menumpuk pada kumparan dapat mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Ini dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet. Periksa kumparan secara rutin minimal setiap 1 tahun 1x dan bersihkan.

Periksa Thermostat
Periksa selalu thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruang tetap stabil.

Atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Atau, jika benar-benar tak ada orang di rumah, sebaiknya matikan AC.

Cek Kipas
Periksa kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar. Pastikan kipas masih berada dalam kondisi yang bagus. Ganti pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

Servis Secara Berkala
Lakukan servis secara berkala. Jika anda tidak mampu untuk menganalisa perangkat/komponen AC Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC yang anda percaya
untuk memeriksa dan menganalisa kelayakannya.

Umumnya produsen AC menyediakan layanan servis untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC, jika kerusakan kecil tidak segera diatasi maka saat kerusakan berat terjadi nanti akan ada komponen-komponen yang tak bisa diperbaiki lagi tapi harus diganti yang tentunya anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

Merawat AC secara teratur tidak hanya menghemat uang, tapi juga membuat rumah tetap nyaman.

Demikian semoga bermamfaat...

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGI KAMI

Daftar 8 Merk TV Terbaik dan Terpopuler 2016

Tips dan Trik Menggunakan AC Inverter Yang benar